Nikon 70-200mm f/2.8E, Lensa Professional Terbaru

20063-af-s-nikkor-70-200mm-fl-ed-vr

Nikon 70-200mm f/2.8E baru saja dirilis, apa saja kelebihan yang dimiliki lensa ini ? Patut untuk disimak pada ulasan berikut ini.

Beberapa waktu lalu Nikon mengenalkan lensa terbaru mereka yaitu Nikon AF-S 70-200 F/2.8E VR. Berbeda dari generasi sebelumnya yang memiliki embel-embel G di belakangnya kini Nikon memberi seri terbaru mereka dengan embel – embel E. Jika kita perhatikan ada beberapa perubahan pada generasi E dari generasi G, perubahan yang paling terlihat adalah emblem yang sebelumnya ada ditengah digeser kebelakang. Kemudian dihadirkannya kembali tombol AF lock, tombol ini sebenarnya telah hadir pada generasi 70-200 VR generasi pertama, namun dihilangkan pada generasi kedua G series.

Apa arti E pada lensa ?

Pada generasi AF-D series, lensa memiliki ring pengaturan diafragma yang bisa diputar secara manual. Generasi G series, ring tersebut dihilangkan total sehingga pengaturan bukaan diafragma hanya bisa dilakukan melalui setting di bodi. Sedangkan E series, masih sama seperti pada G series tapi bukaan diafragma sepenuhnya dikontrol oleh elektromagnetik, bukan manual seperti D dan G series.

Keuntungan E – Elektromagnetic pada bukaan diafragma ?

Menurut penjelasan Niokn, mekanisme diafragma yang dikontrol secara elektromagnetis membuat bukaan menjadi lebih akurat. Terutama pada saat memotret secara continues ( bursts mode ) dapat terkontrol secara akurat. Bila pada D dan G series, pada saat ngeburst tuas mekanis pada bodilah yang menggerakkan blade diafragma.

Kinerja AF

Jika Anda seorang profesional dibidang wedding atau kebutuhan lain yang membutuhkan kecepatan focus maka lensa ini layak untuk dimiliki. Kinerja AFnya sangat cepat, lebih cepat dari VRII, selain itu kita juga bisa melakukan reframing setelah af terkunci menggunakan tombol AF lock.

Selain itu, titik focus terdekatnya ( minimum focus distance ) juga semakin rapat dengan obyek, Menguntungkan untuk memotret obyek kecil, bila sebelumnya kita harus melakukan croping agar terlihat lebih dekat, kini cukup mendekatkan lensanya. Anda dapat membandingkannya betapa dekat titik focus pada generasi VRIII dibanding VRII pada gambar di bawah ini.

70-200_4-800x267

200mm pada VRII dan VRIII rasionya berbeda, jika pada VRII foto nampak lebih lebar dibanding dengan VRIII. Hal yang sama terjadi pada generasi VR I, dimana foto yang dihasilkan VRII terlihat lebih jauh atau lebar.

70-200_5-800x267

Coating Lebih powerfull

Bila sebelumnya flare terasa cukup kuat, pada versi terbaru flare agak berkurang, sehingga ketajaman bertambah saat menghadapi backlight.

70-200_7-800x267

  1. Jika Anda ingin melihat pengujian secara lengkap dapat melihat kehalaman sumber : http://petapixel.com/2016/11/22/nikon-70-200mm-f2-8e-review-worth-money-youre-pro/