Peralatan Fotografer Landscape

screenshot_13

Fotografi landscape adalah salah satu kategori fotografi yang paling banyak peminatnya. Meski termasuk salah satu jenis fotografi yang sulit untuk dilakukan sampai saat ini peminatnya terus bertambah. Fotografi landscape bukan sekedar memotret pemandangan alam, yang tinggal mengaktifkan kamera lalu tinggal menjepretnya saja. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar foto landscape nampak luar biasa. Salah satu faktor paling penting dalam menghasilkan fotografi landscape adalah waktu. Datang di tempat yang luar biasa tapi waktunya tidak tepat hasilnya akan biasa saja. Banyak rintangan yang harus dihadapi oleh fotografer landscape, waktu yang terbatas dan cuaca yang tidak menentu. Itulah serunya hobi fotografi landscape, datang ditempat biasa tapi waktu dan cuacanya luar biasa bagus maka hasilnya akan luar biasa.

Untuk menghasilkan foto landscape yang luar biasa harus didukung oleh mental yang kuat, kesabaran ekstra, rencana yang matang, dan tentunya peralatan yang mendukung. Datang ketempat yang indah diperlukan perencanaan yang matang, biaya yang tidak sedikit, dan tentunya harus sabar dengan kondisi alam yang kadang tidak menentu. Nah, oleh sebab itu perencanaan waktu juga harus dipertimbangkan sebelum memotret landscape, jangan asal datang ke tempat tujuan tanpa mempertimbangkan faktor cuaca. Minimal kita harus tau ditempat tujuan itu saat ini sedang musim panas atau hujan. Kalau datang ketempat tujuan pas musim hujan, siap – siap saja pulang dengan tangan hampa atau pulang dengan foto yang mengecewakan. Siapapun fotografer landscape pasti pernah pulang dengan tangan hampa.

Ada 2 kategori peralatan fotografi yang biasa dimiliki oleh seorang fotografer. Seorang fotografer amatir pasti berbeda peralatannya dengan fotografer profesional. Berikut ini adalah daftar peralatan fotografi landscape yang biasanya dimiliki oleh kedua jenis fotografer tersebut.

Peralatan Fotografer Landscape Profesional

  1. Tripod : Fotografer profesional akan memilih tripod yang besar dan ringan, biasanya terbuat dari carbon fiber
  2. Kamera : 1 kamera utama dan 1 kamera cadangan
  3. Lensa : 14mm, 14-24mm, 16-35mm, 70-200mm
  4. Filter : CPL, ND, GND
  5. Tas : Minimal weather proof, kalau terkena hujan nggak langsung meresap kedalam
  6. Aksesoris : Peta, kompas, remote shutter, jam tangan, flash eksternal dan lain sebagainya

Peralatan Fotografer Landscape Amatir

  1. Kamera + Lensa kit : Biasanya masih menggunakan sensor APS-C + lensa 18-55 atau 16-50
  2. Tripod mini : Biasanya terbuat dari bahan aluminium atau besi.
  3. Filter : ND + CPL

Seberapa besar pengaruh peralatan fotografi terhadap hasil foto landscape ?

Fotografi landscape tidak melulu soal peralatan, meskipun peralatannya memang luar biasa paling lengkap diantara banyak kategori fotografi yang lain. Jika pada fotografi modeling, portrait, yang dibeli adalah peralatan studio, terutama lampu studio atau flash. Berbeda halnya dengan fotografi landscape, yang paling umum harus dimiliki adalah filter lensa seperti ND dan CPL. Kedua filter ini wajib dimiliki oleh fotografer landscape agar hasil foto lebih maksimal.

Pengaruh peralatan fotografer landscape sebenarnya hanyalah 50% ditambah 50%-nya lagi lokasi, waktu, dan cuaca. Percuma saja peralatan kita sudah profesional tapi begitu sampai lokasi pemotretan yang ada hanyalah sampah, mendung, dan waktunya sudah terlambat ( sunset dan sunrise ). Jadi, tak perlu berkecil hati bila peralatan yang dimiliki tidak selengkap fotografer profesional, kita masih tetap bisa menghasilkan foto yang indah meski harus mengorbankan kualitas foto.